Mengenal Ciri Fisik Burung Split Opaline

Biola, salah satu varian pada jenis Fischeri ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Selain warnanya hijaunya yang boleh dibilang "khas Opaline" bila menurut Saya, alasannya adalah tidak sama dengan warna hijau varian lainnya, warna merah pada bagian kepala dan leher-pun sangat kontras, yakni merah menyala.

Dengan ramainya penggemar Fischeri Opaline (Biola) maka semakin ramai topik “Burung split” menjadi topic pembicaraan final akibat ini. Tetapi rupanya banyak juga rekan rekan senior yang belum paham benar soal burung split, meskipun penggunaan burung split itu merupakan ilmu dasar dari beternak Lovebird

Split di-symbolkan dengan tanda “/”
Contoh: Hijau split Biru dapat dituliskan Hijau/Biru.
Burung split tidak mampu dibedakan dengan burung normal, secara visual bentuk fisik, warna & kondisi nya sama dengan burung2 normal. Hanya secara genetik, burung split membawa genetik mutasi lainnya.

Namun apakah burung split opaline dapat terlihat dari segi fisik?? bantu-membantu sangat sulit membedakan burung split dari segi fisiknya, tapi ternyata ada metode untuk mengenalinya.

Berikut ini saya jelaskan kembali lewat gambar yang lebih detail. Jika anda menemukan hal yang tidak sama dari penjelasan pada gambar ini, mohon koreksinya. Ingat, ini hanya berlaku untuk mutasi opaline.
 salah satu varian pada jenis Fischeri ini memang mempunyai daya tarik tersendiri Mengenal Ciri Fisik Burung Split Opaline
Karena mutasi biola bersifat sex linked maka anakan yang berfisik hijau standart pun banyak dicari karena mempunyai split biola walaupun hanya berlaku untuk anakan jantan saja. untuk para breeder yang bermodal kecil banyak pula yang mencoba mengawinkan hijau standart split biola ini dengan burung non biola, bila jackpot maka akan menerima anakan biola dari indukan paket irit split biola x non biola, walapun persentasinya tidak mengecewakan kecil.

Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin berinvestasi split opaline. Dan supaya hari ini tidak menjadi hari cabut bulu nasional.  salah satu varian pada jenis Fischeri ini memang mempunyai daya tarik tersendiri Mengenal Ciri Fisik Burung Split Opaline😃

Seperti yang sudah aku pelajari dari peternak peternak Eropa, bahwa transaksi Burung split itu ialah transaksi iktikad! Artinya: bila Anda percaya dengan penjual/peternak tersebut maka silakan dibeli burung split nya, jikalau Anda ada sedikit keraguan maka segera lupakan transaksi tersebut.

Happy breeding dan salam
Ben KLI


Sumber : Grup Facebook  Komunitas Lovebird Indonesia

Post a Comment for "Mengenal Ciri Fisik Burung Split Opaline"